7 perkataan yang harus dihindari di tempat kerja
7 perkataan yang harus dihindari di tempat kerja
Komunikasi merupakan suatu hal penting yang harus selalu dikelola oleh diri setiap individu.
- 23 April 2014
- Tips & Lifestyle

Sebuah perkataan yang tidak memiliki tujuan tidak baik dapat menjadi kurang tepat diterima pihak lain jika pemilihan kata kurang tepat maupun menggunakan intonasi yang tidak sesuai peruntukannya. Sebuah kata yang tidak layak diucapkan, membuat seseorang menjadi kurang secara performance sekaligus dapat menurunkan kesempatan kerja untuk lanjut menjadi lebih baik.
Berikut adalah 7 perkataan yang harus dihindari di tempat kerja :
1. Saya tidak mampu bekerja bersamanya
Ucapan ini sering tanpa sadar terlontar begitu saja ketika ada sebuah tuntutan kerja tim, sementara tim yang harus dipasangkan dengan kita adalah seseorang yang tidak menyenangkan menurut kita. Namun perkataan di atas menunjukkan kepicikan seseorang. Sehingga sedapat mungkin hindari kata-kata tersebut separah apapun kepada seseorang dan seburuk apapun pribadi orang yang akan bekerja sama tersebut.
2. Hal ini bukan kapasitas saya
Kata-kata di atas tidak layak disampaikan di tempat kerja. Jika seorang relasi kerja atau bahkan atasan memerintah untuk menjalankan sebuah tugas tertentu dan kita merasa tidak mampu melakukannya, alangkah lebih baik mengatakan : “ Baik, terima kasih kepercayaannya, mohon bantuan arahan dan bimbingannya. Saya akan berusaha mempelajari dan menjalani tugas ini”. Setiap orang dapat bekerja dengan baik di segala bidang jika mau berusaha. Kendala bukan kapasitas hanya layak dicetuskan karena ketidakmauan seseorang dan bukan karena ketidakmampuannya.
3. Kalau di tempat kerja saya yang dulu tidak seperti ini
Setiap lokasi kerja selalu memiliki karakter sendiri. Budaya kerja dibentuk oleh awal perusahaan berdiri, ditambah dengan lingkungan yang melingkupi serta berbagai macam hal yang menyertai. Budaya perusahaan membentuk sebuah tata organisasi, termasuk alur kerja yang berada di dalamnya. Jika kita merasa perusahaan yang kita masuki nampaknya masih belum pas, sebaiknya berikan masukan mengenai standar tata perusahaan yang diambilkan dari literatur yang dapat dipertanggungjawabkan, meskipun kita sudah memiliki pemahaman mengenai hal tersebut.
4. Saya sudah menebak sebelumnya
Kata-kata tersebut nambaknya biasa saja, namun mengandung makna seperti menyalahkan sekaligus menggurui. Hal ini kurang menyenangkan untuk didengar oleh pihak lain dan seolah diri yang menyatakan tersebut lebih mengedepankan rasa dibandingkan dengan logika. Padahal di dunia kerja dibutuhkan perimbangan. Selain itu kata menebak membuat pribadi lainnya selalu seperti diamati secara personal dan hal ini membuat tidak nyaman lingkungan kerja.
5. Saya tidak melakukannya
Jika terjadi masalah di dalam sebuhtim kerja, tidak sedikit orang yang mampu menerima kenyataan dipersalahkan secara tim walaupun dia tidak melakukannya. Kecenderungan untuk melempar kesalahan cenderung banyak dijadikan pilihan. Hal ini dapat merusak performance diri sekaligus menurunkan kesempatan kerja lanjut.
6. Ini seharusnya kerja dia
Mungkin sering terjadi ketika seorang atasan menegur salah satu tim atas kerja tim yang kurang mencapai target. Meskipun kita tidak melakukan kesalahan sesuai dengan teguran, tidak ada salahnya untuk menerima kritikan. Dan jika memang kritikan tersebut salah sasaran, tidak ada salahnya pula kita sampaikan dengan lebih bijak kepada pihak yang seharusnya menerima masukan sehingga kinerja tim benar-benar tercapai.
7. Saya merasa tidak cocok berada di sini
Bekerja adalah sebuah pilihan. Jika merasa kurang cocok berada di sebuah lokasi, tidak perlu dilontarkan dan cukup disimpan di dalam hati saja.
Demikian perkataan yang harus dihindari di tempat kerja.
Sumber bacaan : Tribun, 24 Maret 2015